17 Mobil Berbahan Bakar Kimia Ikuti ICECC 2016 di ITS

"Tahun ini sebenarnya ada 19 tim juga, tapi dua tim asing batal ikut serta, yakni tim Malaysia dan tim Bangladesh, karena ada kendala teknis"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Sebanyak 17 mobil berbahan bakar reaksi kimia dari sembilan universitas terkemuka di Indonesia, mengikuti "Indonesia Chem-E-Car Competition (ICECC) 2016" di Gedung Robotika ITS Surabaya.

Wakil Ketua ICECC-2016 Deninta Nur Iwara mengatakan, dalam ICECC kali ini yang berlangsung dari 21-24 April besok, jumlah pesertanya menurun dibandingkan ICECC tahun lalu sebanyak 19 tim.

"Tahun ini sebenarnya ada 19 tim juga, tapi dua tim asing batal ikut serta, yakni tim Malaysia dan tim Bangladesh, karena ada kendala teknis," kata Deninta Nur Iwara, Sabtu, 23 April 2016.

Deninta juga menuturkan ke-17 tim yang mengikuti ICECC 2016 ini, diantaranya berasal dari ITS, UB, UNS, Polban, UMI, UGM, UI, Undip dan UPN.

Para peserta dari berbagai perguruan tinggi itu akan mengikuti serangkaian kegiatan yang dimulai dengan technical meeting, lomba presentasi, race dan wisata keliling Surabaya serta pengumuman hasil ICECC 2016.

"Untuk race, setiap dari 17 tim melakukan dua kali race. Race yang disepakati 15 centimeter. Pemenangnya adalah mobil yang bergerak paling mendekati 15 centimeter," terangnya.

Hasil akhir dari semua tim akan dinilai oleh tiga juri, yakni Dr Chi Minh Phan (Universitas Curtin, Australia), Prof Dr.Ing Ir Misri Gozan M.Tech IPM (Sekjen BK PII), dan Dr Siti Machmudah ST MSc PhD (dosen FTI ITS).

ICECC adalah kompetisi Chem-E-Car atau kompetisi untuk membuat prototipe mobil yang digerakkan oleh reaksi kimia. Kompetisi ini merupakan satu-satunya di Indonesia dan salah satu yang terbesar di dunia.

Kompetisi Chem-E-Car ini juga telah diselenggarakan selama empat tahun berturut-turut sehingga ICECC 2016 merupakan yang ke-5 diadakan. 

Salah seorang peserta ICECC dari ITS menuturkan, dalam perlombaannya, setiap mobil berbahan bakar kimia itu diberi beban di atasnya. Kemudian, mobil berjalan dan berhenti dengan jarak lintasan yang ditentukan.

"Mobil harus ... Baca halaman selanjutnya