Lumba-lumba Hampir Secerdas Manusia, Maka Perlakukan dengan Layak

"Para ahli mengatakan bahwa sudah saatnya lumba-lumba diperlakukan dengan baik setelah penelitian menunjukkan otak mereka memiliki banyak fitur yang berhubungan dengan kecerdasan tinggi."
Lumba-lumba di laut. (Marc Explores)

KLIKPOSITIF - Para ilmuwan telah menyatakan bahwa lumba-lumba merupakan hewan yang sangat cerdas sehingga mereka harus diperlakukan dengan layak.

Dilansir dari Dailymail, mamalia air ini adalah makhluk tercedas kedua di dunia setelah manusia dengan simpanse ada di posisi ketiga. Para ahli mengatakan bahwa sudah saatnya lumba-lumba diperlakukan dengan baik setelah penelitian menunjukkan otak mereka memiliki banyak fitur yang berhubungan dengan kecerdasan tinggi.

Menurut ilmuwan, memanfaatkan kecerdasan hewan ini untuk dunia hiburan adalah hal yang kejam. Tak hanya itu saja, memancing hingga memburu lumba-lumba untuk di makan juga termasuk tindakan yang kejam.

Lori Marino, seorang ahli zoologi di Emory University Atlanta menggunakan scan MRI untuk memetakan otak spesies lumba-lumba dan membandingkannya dengan primata. Ia mengatakan terdapat kesinambungan psikologis antara manusia dan lumba-lumba yang bisa menimbulkan implikasi besar, dalam hubungan interaksi antara manusia dengan lumba-lumba.

Ahli itu juga mengatkan kalau korteks dalam otak lumba-lumba memiliki lipatan yang rumit. Sama halnya korteks dalam otak manusia. Menurut ilmuwan, lumba-lumba berjenis hidung botol (bottlenose) merupakan lumba-lumba tercerdas.

Lumba-lumba ini memiliki kepribadian yang berbeda dan peka terhadap lingkungannya. Bahkan, jenis ini juga berpikir layaknya manusia, yakni mereka memikirkan masa depannya. Dalam sebuah penelitian, bottlenose terbukti mampu mengenali diri mereka saat bercermin. Ketika itu pula mereka bisa memeriksa berbagai bagian tubuh mereka.

Kecerdasan lumba-lumba menuai banyak perhatian dari ilmuwan. Contohnya Thomas White, professor of ethics di Loyola Marymount University di Los Angeles. Ia berpendapat, lumba-lumba memiliki hak layaknya manusia.

“Lumba-lumba sebagai ‘Orang nonmanusia’ memenuhi syarat sebagai individu yang paham akan konsep ... Baca halaman selanjutnya